oleh

BMKG Pasang WRS di BPBD Pinrang Deteksi dini Cegah Gempa

Insannews.id PINRANG, – Guna untuk mendeteksi dini bencana gempa. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Makassar memasang alat pendeteksi gempa yang dinamakan Warning Receiver System (WRS) 2 di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pinrang, Senin (22/6/2020).

Menurut Irwan Hamid mendeteksi dini ini sangat penting mengingat Pinrang salah satu wikayah yang dilalui patahan Walanae, sehingga akan menjadi peringatan dini bagi warga saat terjadi bencana.

“Dengan alat ini maka mitigasi dan penanganan bencana Gempa bumi dan tsunami bisa dilakukan dengan cepat, walaupun kami sangat berharap semoga bencana itu tidak pernah terjadi di daerah kami,” ujar Irwan Hamid.

Untuk sistem kerja alat pendeteksi tersebut, pelaksana tugas BPBD Kabupaten Pinrang Mattalatta menjelaskan alat deteksi dini dari BMKG ini akan menerima sinyal yang dikirimkan oleh pendeteksi gempa yang kemudian mengolah data dan dikeluarkan dalam bentuk Sistem peringatan dini (Early Warning System).

“Data yang dihasilkan kemudian diteruskan ke pihak terkait dan bila perlu langsung diumumkan kepada masyarakat jika sewaktu – waktu terjadi bencana gempa dan berpotensi tsunami,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar Siswanto, S.Si, M.Si mengungkapkan, Kabupaten Pinrang adalah salah satu Kabupaten yang dipilih untuk instalasi sistem ini.

“lat ini nantinya akan memberi peringatan cepat jika terjadi terkait gempa dan tsunami terjadi, Siswanto juga mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga dan memelihara alat ini agar fungsi utamanya sebagai detector dapat berfungsi secara maksimal,” tandasnya

Diketahui sebelumnya, pada tahun lalu BMKG telah memasang dua alat pendeteksi Gempa di dua kecanatan yaitu Kecanatan Lembang dan Patampanua.(*)

News Feed