oleh

Bupati Pinrang Resmikan Listrik Masuk Desa di Letta

InsanNews.id, PINRANG — Pemerintah Kabupaten Pinrang dan PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) dan UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Pinrang meresmikan Listrik Masuk Desa di Desa Letta, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Rabu siang (09/09/2020).

Pemerintah Kabupaten sangat bangga dan menyambut baik program PT. PLN Persero UIW Sulselrabar dan UP3 Pinrang yang bisa saling bekerjasama untuk mendekatkan layanan penerangan listrik kepada masyarakat melalui program Terangi Negeri dan Energi Optimisme di desa.

Karena listrik menyalakan harapan di masa depan, sesuai mottonya, hal ini membuat PLN tidak berhenti untuk mengalirkan listrik dan menyebarkan Energi Optimisme kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Pinrang terutama di daerah dan wilayah yang berkategori 3T (Terdepan, Terluar, & Tertinggal).

Program ini diharapkan tidak hanya untuk mendekatkan layanan listrik masuk desa kepada masyarakat desa, namun juga dapat lebih mendorong inovasi desa melalui kemitraan serta turut berperan dalam meningkatkan kapasitas pemerintah desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Bupati Pinrang, H. A. Irwan Hamid, S.Sos. meresmikan Penyalaan Listrik Masuk Desa disalah satu rumah warga masyarakat tepatnya di Kampung Garottong, Dusun Bajueja, Desa Letta, Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang, Rabu siang (09/09/2020).

Dalam peresmian tersebut ditandai dengan penaikan MCB KWH Meteran lampu 450 VA, selain di Kampung Garottong, Dusun Bajueja penyalaan listrik juga diberikan di Kampung Mandeangin, Dusun Mattirowali, Desa Letta, dan sambungan jaringan listrik yang diteruskan ke Kampung Kulinjang, Dusun Butturaja, Desa Kariango.

General Manager PT PLN Persero UIW Sulselrabar Ismail Deu saat Peresmian Listrik Desa atau Listrik Masuk Desa di Kantor Desa Letta, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekarang PLN senantiasa bekerja keras agar seluruh pelosok di wilayah Sulawesi Selatan utamanya dapat dijangkau oleh Listrik PLN.

“Pandemi Covid-19 tidak menjadikan penghalang bagi PLN untuk bisa menerangi seluruh pelosok Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Pinrang yang sudah terjangkau listrik PLN. Harapan kami, semoga dengan Listrik Masuk Desa ini, bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi utk kebutuhan produktif warga masyarakat yang bukan hanya penerangan saja, tetapi sesuai dengan motto dedikasi PLN bahwa Listrik utk kehidupan lebih baik”, ucap Ismail Deu.

Dimana masuknya listrik di beberapa Kampung dan Dusun dalam wilayah Desa tersebut terwujud karena bantuan dukungan dan kerjasama yang amat baik dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Pinrang, Irwan Hamid dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur, berbangga dan berterima kasih kepada pihak PT. PLN Sulselrabar yang sudah memfasilitasi listrik masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pinrang.

“Dengan adanya Listrik Masuk Desa sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung aktivitas perekonomian di Desa,” tuturnya.

Irwan Hamid juga katakan bahwa sebelumnya masyarakat di kampung dan dusun dalam wilayah Desa Letta sangat terbatas untuk beraktivitas hanya pada siang hari saja, tetapi dengan adanya jaringan penerangan listrik masuk ke beberapa kampung dan dusun dalam Desa Letta ini, Alhamdulillah warga masyarakat bisa beraktivitas nantinya hingga malam hari ,dan ini merupakan kemajuan yang luar biasa diharapkan bagi warga masyarakat di desa.

Manajer PLN UP3 Pinrang, Rizky Adriana Bayuwerti dan Manajer Pembangunan Kelistrikan, Saifuddin menambahkan, kami berharap dengan masuknya listrik yang sudah menjangkau beberapa kampung dan dusun di Desa Letta, dapat menaikkan tingkat kesejahteraan dan pendidikan masyarakat dengan harapan, semoga listrik dapat terus bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Dalam peresmian Listrik Masuk Desa ini untuk beberapa kampung dan dusun, diungkapkan bahwa telah terealisasi pembangunan dengan Panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 9.65 kms dan Panjang Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 4.75 kms serta terpasangnya Gardu Distribusi sebanyak 4 gardu dengan kapasitas terpasang 50 kVA. Dengan tercatat potensi pelanggan sebanyak 150 langganan yang dibukukan realisasi tersambungnya sebanyak 159 langganan.

Pada peresmian tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Camat Lembang, M.Yusuf, Kepala Desa Letta, Hasan dan 8 Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Lembang. Disaksikan oleh beberapa Kepala OPD Pinrang, dihadapan General Manager PT. PLN Persero Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) dan Manager UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Pinrang.

Bupati Pinrang, Irwan Hamid mengharapkan kepada beberapa Kepala Desa yang hadir saat Peresmian Listrik Masuk Desa Letta.

“Harap menjadi perhatian utama bagi para kepala desa yang ada di wilayah Kecamatan Lembang untuk lebih meningkatkan pertumbuhan kemajuan desa dengan saling menjaga sinergi di antara aparat desa, serta memperbaiki pembinaan hubungan sosial bagi seluruh warga masyarakat,” tutupnya.

News Feed