oleh

Disdukcapil Lakukan Perekaman E-KTP Kepada TKI Deportan Malaysia

Insannews.id PINRANG – Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pinrang melakukan perekaman E-KTP kepada puluhan TKI deportan Malaysia. Perekaman e-KTP tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Disdukcapil Pinrang, A. Pabiseangi, di gedung isolasi Covid-19 Pinrang, Kamis (11/6/2020).

“Dengan penuh perhatian, disini kami ikut membantu pendatang ini untuk mendapatkan dokumen kependudukan, jadi saat memiliki KTP berarti mereka sudah memiliki hak sipil dengan warga lainnya di Indonesia,” terang A. Pabiseangi, Kadis Disdukcapil Pinrang

Dari 32 TKI tersebut, A. Pabiseangi menuturkan bahwa, ada beberapa orang yang bahkan tidak memiliki KTP Indonesia.

“Ada yang tidak ada, maka dari itu kami datang jemput bola secara online untuk melakukan pendataan,” bebernya

Lanjutnya A. Pabiseangi, dengan adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) tersebut, TKI Deportan Malaysia ini bisa melakukan pengurusan berkas secara resmi.

“Pengambilan paspord bisa lebih mudah, maka dia bisa berangkat kembali ke Malaysia secara legal, tidak lari lari lagi,” terangnya

Perekaman e-KTP tersebut disambut antusias TKI Deportan Malaysia yang dikarantina di gedung isolasi Covid-19 Pinrang. Dimana para TKI tersebut mengaku senang dan berterima kaaih ke pemeribtah setempat.

“Ini sangat membantu kami, terimakasih sebanyak banyaknya untuk pemerintah Pinrang, tidak ada kekurangan,” Ucap Rita, salah seorang TKI deportan yang dikarantina.

Selain melakukan perekaman e-KTP, 32 TKI deportan tersebut juga melakukan rapid test kedua setelah menjalani proses karantina selama 7 hari di gedung isolasi Pinrang.

“Dari hasil rapid test, 32 TKI deportan tersebut non reaktiv semua, jadi sesuai kesepakatan tim gugus, besok boleh pulang kerumahnya dengan catatan tetap lakukan isolasi mandiri di rumah,” ucap drg Dyah Puspita Dewi(AC/SH)

News Feed