oleh

DLH Lakukan Pembersihan Drainase Yang Mengalami Penyumbatan

Insannews.id Pinrang – Intensitas Hujan beberapa hari terakhir yang menunjukkan peningkatan berpotensi menimbulkan genangan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Pinrang.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang kembali melakukan pengerukan sedimentasi pada drainase yang kerap mengalami penyumbatan akibat sampah dan sisa material.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang (DLH) Ir. Sudirman, Rabu (17/6/2020).

Sudirman melanjutkan, penyebab utama terjadinya penyumbatan adalah sampah rumah tangga yang kerap dibuang tidak pada tempatnya, bahkan, lanjutnya, petugas kerap menemukan timbunan sampah yang menyumbat saluran – saluran drainase.

Selain sampah rumah tangga, sampah di seputaran pasar juga kerap menutup saluran drainase.

Akibat penyumbatan oleh sampah ini, air akhirnya menggenangi ruas jalan apalagi jika intensitas hujan sedang tinggi.

Sudirman kembali berpesan, peran serta Lurah, Camat dan utamanya masyarakat sangat dibutuhkan, karena keberlangsungan lingkungan hidup tidak hanya berada di Pundak Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, Sudirman mengungkapkan, pihaknya saat ini juga melakukan pembersihan pada saluran drainase yang terletak di barat Kota yang saat ini tertutup oleh rumput dan ilalang.

“Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan / Desa dan Kecamatan memiliki peran penting, minimal dengan kesadaran untuk Bersama menjaga lingkungan” tutup sudirman Sudirman. (*/)

News Feed