Kadis SDABK : Langkah Proaktif Pemerintah dalam Mengamankan Wilayah Pesisir

Insannew.id Pinrang,- Dalam upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah pesisir, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bencana Alam (SDABK) H. Jaenal menguraikan proyek penting yang tengah dilaksanakan. Proyek ini mencakup pemasangan tanggul laut dengan menggunakan Elephant Stone (Batu Gajah) serta pembuatan Sea Wall (Tembok Laut) di Jalan Penghubung Pallameang-Ammani. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk melindungi jalan penghubung kawasan perikanan dan perkampungan dari potensi hantaman ombak yang mengarah langsung ke laut lepas.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina konstruksi (SDABK) H. Jaenal dan Bupati Pinrang Irwan Hamid hari ini melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau perkembangan proyek penahan ombak dan sea wall di Kecamatan Mattiro Sompe. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kelanjutan proyek fisik yang diharapkan mampu memberikan perlindungan terhadap ancaman gelombang pasang serta mengurangi dampak abrasi di wilayah tersebut,Rabu (23/08/23)

Pemasangan tanggul laut dengan penggunaan Elephant Stone (Batu Gajah) dan pembuatan Sea Wall (Tembok Laut) merupakan langkah konkret dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan wilayah pesisir. Proyek ini diharapkan dapat menciptakan perlindungan efektif terhadap Jalan Penghubung/Jl. Produksi Perikanan Pallameang-Ammani yang merupakan jalur vital bagi kegiatan perekonomian dan mobilitas masyarakat setempat.

Kepala Dinas SDABK, H. Jaenal, menyampaikan bahwa proyek ini juga memiliki dampak yang signifikan dalam melindungi perkampungan yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Potensi hantaman ombak yang terjadi akibat perubahan cuaca dan kondisi laut dapat membahayakan lingkungan dan keselamatan penduduk. Dengan pemasangan tanggul laut dan Sea Wall yang kuat, diharapkan mampu mengurangi risiko kerusakan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Pemerintah daerah berharap agar proyek ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kemaslahatan masyarakat. Langkah proaktif ini menunjukkan komitmen untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh wilayah pesisir serta mendukung pembangunan berkelanjutan.(*/)