Langkah-Langkah BPBD Pinrang Hadapi Musim Hujan

Insannews.id Pinrang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pinrang melakukan sejumlah langkah untuk menghadapi musim hujan, khususnya bagi penanganan banjir dan tanah longsor. BPBD melakukan koordinasi dengan pihak terkait hingga menyiagakan personel di setiap kecamatan, kelurahan dan desa.

“Dalam menghadapi musim hujan tersebut, BPBD Kabupaten Pinrang menyiapkan serangkaian upaya kesiapsiagaan, antara lain melakukan mitigasi dan koordinasi dengan BNPB, BMKG, dan seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menjalin sinergitas dan kolaborasi dalam penanggulangan bencana,” kata Kepala BPBD Pinrang DR.Rhommy Manule, kepada media, Selasa (28/11/23).

Rhommy mengatakan pihaknya juga mensosialisasikan dan menyiagakan personel petugas sebagai upaya penanganan bencana.

“Mensosialisasikan dan menyiagakan personel Petugas Penanggulangan Bencana/TRC sebagai upaya koordinasi kedaruratan dan penanganan bencana,” tutur dia.

Selain itu, BPBD juga melakukan pengecekan sarana prasarana yang meliputi tenda, perahu, ring buoys, jaket, pelampung. BPBD Pinrang juga melakukan sosialisasi kesiapsiagaan dan mitigasi potensi rawan bencana serta beberapa wilayah kecamatan dan desa/kelurahan yang berpotensi rawan banjir dan tanah longsor.

“Kegiatan tersebut sudah berjalan sejak akhir September 2023 dan hingga tanggal 02 November 2023,” jelas dia.

Terakhir, BPBD juga membuka ruang partisipasi untuk warga dan relawan untuk turut dalam upaya pencegahan dan penanganan banjir.

“Membuka ruang partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bencana banjir dan tanah longsor yang terdiri dari lembaga instansi dan institusi penanggulangan bencana lintas sektor,” tuturnya.(SH)