MSDC -UH Gelar kegiatan Tahunan Pemantauan Terumbu Karang

Insannews.id – Marine Science Diving Club Universitas Hasanuddin (MSDC-UH) dengan bangga mengumumkan pelaksanaan kegiatan tahunan pemantauan terumbu karang, Reef Check 2023, dengan tema “Keep Coral Reefs in Everyone’s Memory”. Kegiatan yang berlangsung sejak 17 Juli hingga 24 Agustus ini mengambil tempat di empat lokasi pulau yang menakjubkan: Pulau Samalona, Pulau Barranglompo, Pulau Barrangcaddi, dan Pulau Kapoposang.

Ananda selaku panitia, mengatakan Reef Check merupakan inisiatif yang sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, melibatkan aspek Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Tujuannya adalah untuk mengamalkan nilai-nilai tersebut dengan memantau dan memahami kondisi terumbu karang serta ekosistemnya di Kepulauan Spermonde (Kepulauan Makassar dan Pangkep)”papar Ananda Kamis (10/08/23).

Potensi tinggi dan ancaman yang dihadapi oleh terumbu karang di wilayah ini mendorong MSDC-UH untuk menjadi pelopor dalam memberikan informasi yang akurat dan berharga tentang kondisi lingkungan setiap tahunnya.

Kegiatan Reef Check 2023 diprakarsai oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan MSDC-UH. Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama beberapa minggu melibatkan persiapan, pembukaan resmi, kampanye, kontes, pemberian materi, simulasi darat, monitoring terumbu karang, acara penemuan (discovery), dan talkshow. Puncak acara adalah Reef Check Discovery, sebuah perjalanan yang melibatkan anggota MSDC-UH dan peserta umum yang telah memenuhi persyaratan, untuk mengeksplorasi dan memahami ekosistem terumbu karang secara mendalam.

Lanjut Ananda,Selama acara, peserta akan terlibat dalam pemantauan ekosistem terumbu karang, mengidentifikasi penyebab kerusakan, dan menyusun database kondisi terumbu karang serta biota asosiasinya. Hasil pemantauan ini akan dipresentasikan pada akhir kegiatan, termasuk diskusi hasil monitoring dan pengumuman pemenang lomba Reef Check Contest.

Reef Check 2023 bukan hanya sekadar kegiatan, tetapi juga adalah wujud komitmen MSDC-UH dalam melestarikan terumbu karang dan ekosistemnya. Melalui sosialisasi dan pendidikan, kegiatan ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan laut.tutup Ananda (*/)