Pertama Di Sulsel KAHMI Gelar Silaturahmi dan Dialog Caleg DPR RI Asal Pinrang

Insannews.id Pinrang – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Pinrang menggelar silaturahmi dan dialog politik bersama KPU, Bawaslu, dan Caleg DPR RI asal Pinrang.

Dialog politik ini digelar di Asteria Coffe, Jalan Bintang, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Minggu (12/11/23) pukul 20.50 Wita.

Kegiatan ini dihadiri Ketua MD KAHMI Pinrang Dr Syamsumarlin, Sekretaris MD KAHMI Pinrang dr. RAMLI, Ketua KPU Pinrang Muh Ali Jodding, Komisioner KPU Pinrang Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Yudiman, Komisioner Parmas dan SDM Askari, Pimpinan Bawaslu Pinrang Divisi HP2H Aswar.

Serta perwakilan partai politik, ketua OKP dan mahasiswa, para kades dan Ketua Apdesi Pinrang Syamsul Taju.

Ada tiga Caleg DPR RI Dapil 3 Provinsi Sulsel yang hadir.

Yakni Dr. Andi Aslam Patonangi (Nasdem), Andi Jamaluddin Jafar (PAN), Abdillah Natsir (Golkar) dan Nufri Basri (PKB).

Ketua MD KAHMI Dr Syamsumarlin mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengetahui gagasan dan komitmen para Caleg DPR RI apabila telah terpilih.

“Kami sengaja hanya mengundang Caleg DPR RI asal Pinrang karena menginginkan terdapat perwakilan orang Pinrang yang bisa duduk di kursi parlemen DPR RI nantinya guna menjadi penyambung aspirasi masyarakat Pinrang,” kata Syamsumarlin.

Dia mengapresiasi kepada para caleg yang sempat hadir meskipun diketahui masing-masing memiliki kesibukan.

“Kami menyadari bahwa berdasarkan peraturan Bawaslu sebelum memasuki tahapan Kampanye setelah ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) tidak boleh melaksanakan Sosialisasi yang berhubungan dengan Pemilu tahun 2024. Acara ini digelar bukan termasuk sebagai debat gagasan, melainkan berdialog tentang tercapainya pemilu berintegritas,” tuturnya.

Ketua KPU Pinrang Muh Ali Jodding mengatakan pihaknya mendorong kontestan pemilu menjadi sarana pemersatu integrasi bangsa.

Bahwa ajang pemilu bukan sebagai pemecah silaturahmi masyarakat apabila terdapat perbedaan pilihan.

Namun, perlu dihadapi secara dewasa dengan berpikir positif.

KPU Pinrang telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Pinrang Pemilu tahun 2024 sebanyak 403 orang yang akan memperebutkan sebanyak 40 Kursi.

“Kegiatan seperti ini kami mengapresiasi karena sudah membantu penyelenggara Pemilu untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Berpolitik secara sehat dan berintegritas,” ujarnya.

Ali mengatakan, terkait dengan APS yang bertebaran atau terpasang di pinggir jalan, pihaknya mengimbau kepada LO atau Caleg agar membersihkan APS yang sudah ada sebelum Bawaslu bekerjasama pemda menertibkan.

“Masa kampanye belum di mulai tapi sudah banyak APK yang bertebaran di jalan. Masa kampanye di mulai 28 November 2023. Kami juga telah menentukan lokasi pemasangan APK,” ungkapnya.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Pinrang Divisi HP2H Aswar mengatakan sebagai penyelenggara pengawasan selalu memberikan imbauan atau sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasi bersama – sama mengawasi dan melaporkan kepada Bawaslu apabila terdapat pelenggaran.

“Apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu agar melaporkan kepada DKKP untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Dia juga berharap kepada para caleg agar memberikan imbauan kepada LO maupun simpatisan agar tetap menjaga pemilu secara damai nantinya.

“Meskipun nantinya dalam pemilihan terjadi kekalahan, kita harus bisa menerima atau legowo untuk mewujudkan pemilu damai,” tuturnya.

Selanjutnya dilakukan penyampaian gagasan sebagai Caleg DPR RI pemilu tahun 2024 oleh Dr. Andi Aslam Patonangi (Nasdem), Andi Jamaluddin Jafar (PAN), Abdillah Natsir (Golkar) dan Nufri Basri (PKB).

Gagasan yang disampaikan terkait penyambung aspirasi masyarakat di tingkat pusat, integritas pemilu tahun 2024, implementasi pemilu tahun 2024, pemilu kuantitas dan berkualitas serta berkompeten sebagai anggota legislatif.(*/)