Berikut Negara Yang Belum Melaporkan Kasus Covid-19

Insannews.co.id – Ada 664.248 kasus yang dikonfirmasi penyakit Covid-19 karena virus corona di seluruh dunia, termasuk 30.888 kematian dan lebih dari 140.000 pemulihan pada hari Minggu (29/3/2020).

Virus corona telah menyebar hingga hampir ke semua negara di dunia. Hanya tersisa beberapa negara yang melaporkan negatif kasus infeksi virus corona.

Berikut sejumlah negara yang disebut belum melaporkan adanya kasus infeksi virus corona hingga Sabtu (28/3/2020) dikutip dari Newsweek.

Korea Utara
Korea Utara, yang berbatasan dengan Cina dan Korea Selatan, adalah salah satu negara pertama di dunia yang mulai menutup perbatasannya dan membangun langkah-langkah anti-epidemi intensif lainnya untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Pekan lalu, pejabat kesehatan Pyongyang memerintahkan pembebasan ribuan pasien yang dikarantina yang dinyatakan bebas dari virus corona, meskipun ratusan lainnya masih dalam pengawasan dan isolasi.

Para pejabat Korea Utara mengumumkan langkah-langkah baru, termasuk kontrol yang lebih ketat pada tangki air dan reservoir, desinfeksi menyeluruh mata uang dan pembuangan limbah dari kapal berlabuh di perairan teritorial.

Turkmenistan
Turkmenistan telah mengirim pasokan medis dan makanan ke negara tetangganya Iran, di mana kasusnya melebihi 32.000. Tetapi negara itu belum melaporkan adanya infeksi virus corona. Dalam beberapa hal, Turkmenistan mengikuti jejak Korea Utara, membatasi perjalanan, pembersihan massal dan kampanye penyadaran mengatasi pandemi virus corona. Pada hari Jumat, situs web resmi pemerintah melaporkan bahwa negara itu “terus berupaya membawa warga Turkmenistan pulang dari luar negeri karena situasi yang menantang yang disebabkan oleh penyebaran virus corona.”

Tajikistan
Tajikistan juga mengaku belum memiliki kasus Covid-19 yang dikonfirmasi secara resmi di negara itu. Meskipun demikian pihak berwenang juga telah memberlakukan beberapa pembatasan baru pada perjalanan dan pertemuan publik setelah pandemi.

Yaman
Yaman secara resmi belum menyatakan ada penyakit Covid-19 di negara tersebut. Negara yang dilanda perang saudara, dilanda konflik, kelaparan dan penyakit, sudah menjalani apa yang oleh para pejabat PBB dianggap sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Sementara itu Departemen Luar Negeri AS baru-baru ini memotong bantuan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak, termasuk ibukota Sanaa. Kondis itu dapat berdampak pada kemampuan Yaman untuk mencegah, mendeteksi dan melawan infeksi virus corona.

Sudan Selatan
Sudan Selatan Covid-19 juga belum terdeteksi di Sudan Selatan. Perang saudara negara Sub-Sahara yang menyebabkan sejumlah pengungsi tetap berada di kamp-kamp padat penduduk berpotensi berisiko terhadap wabah penyakit seperti coronavirus baru.

Botswana dan Lesotho
Botswana dan Lesotho yang dikurung daratan juga belum melaporkan satu pun kasus COVID-19 meskipun semuanya berbatasan dengan Afrika Selatan, yang telah muncul sebagai yang paling parah terkena dampak di benua itu dengan hampir 1.000 contoh yang dikonfirmasi.

Burundi, Malawi, Sierra Leone, Komoro di Afrika Timur juga belum memiliki kasus virus corona, demikian pula Sierra Leone di Afrika Barat atau negara-negara kepulauan Komoro dan Sao Tomé dan Príncipe.

Kepulauan Cook, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tuvalu dan Vanuatu.

Meskipun Covid-19 dengan cepat melintasi lautan, beberapa negara kepulauan di Pasifik Selatan juga dilaporkan selamat. Ini termasuk Kepulauan Cook, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tuvalu dan Vanuatu. Banyak dari negara-negara ini telah menggunakan penguncian yang drastis untuk mencegah penyebaran penyakit yang mengancam untuk membanjiri sistem perawatan kesehatan negara-negara yang jauh lebih besar dan lebih kaya di seluruh dunia.(*)