oleh

IDI dan Dunkes Gelar Baksos Pengobatan Gratis

Insannews.co.id Pinrang – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-60 tahun 2020, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang menggelar Bakti sosial berupa pengobatan Gratis di kawasan Pantai Lowita Kecamatan Suppa, yang dihadiri oleh Bupati Pinrang Irwan Hamid, Dandim 1404 Pinrang Letkol (Arm) Lukman Sasono, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang Hj. A. Sri Widiyati Irwan dan Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes, Sabtu (15/2).

Bupati Irwan Hamid pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada IDI Cabang Pinrang dan Dinkes yang menggelar baksos pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Suppa,” Kami sangat mengapresiasi kegiatan baksos ini, dengan melibatkan para dokter Specialis dan dokter umum, dan tentunya sangat bermamfaat untuk masayarakat untuk memeriksakan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan mereka,” ujar Irwan Hamid.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pinrang Dyah Puspita Dewi menambahkan jika baksos ini melibatkan para dokter specialis dari Rumah sakit Lasinrang dan Rumah Sakit Madising Bungi sebagai rangkaian memperingati HUT Pinrang ke-60. Dyah Puspita Dewi mengatakan bakti sosial semacam ini menjadi salah satu bagian pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung melalui kerjasama dengan IDI Cabang Pinrang, “Antusias masyarakat sangat tinggi dan ini menjadi bagian pelayanan kesehatan secara langsung dan semoga bermanfaat,” harapnya.

Sementara itu ketua IDI Cabang Pinrang dr. Amtsyir Muhadi, M. Adm.Kes menguraikan
jika para dokter Spesialis yang terlibat dalam bakso ini yakni Specialis Penyakit dalam dr. Eka, SpPD, Pemeriksaan ibu hamil dengan USG oleh Spesialis kandungan dr
Zulfa, Sp.OG dan dr. Amar Ma’ruf, Sp.OG, Pemeriksaan Mata oleh spesialis mata dr.Makmur Sp.M, Pemeriksaan THT oleh dr.Ruhaidah, Sp.THT dan dokter spesialis Patologi Klinik dr.Syafii Siun, Sp.PK,” Ada 6 dokter ahli yang dilibatkan untuk pemeriksaan kesehatan secara gratis dan selain itu kami juga menggelar donor darah oleh Unit Transfusi darah RSU Lasinrang,” terangnya.

Amtsyir melanjutkan jika ada 222 masyarakat yang dilayani dengan rincian pasien penyakit dalam atau interna sebanyak 162 orang, ibu hamil 35 orang, pasien mata 22 orang dan pasien THT 3 orang, dan dobkr darah 8 orang” Alhamdulillah kegiatannya berjalan lancar dan tidak lepas dari dukungan Bapak Bupati dan Ibu ketua tim penggerak PKK serta Kepala Dinas Kesehatan, ” ujar Amtsyir. (*/sh)

News Feed