oleh

Komunitas Sepeda Ontel Pinrang Tanam Pohon sambil naik sepeda tua

Sepeda Onthel

InsanNews Pinrang – Ratusan pecinta sepeda tua ontel Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan ,tanam pohon bareng muspida kabupaten pinrang sabtu 06/04/2019.

Kegiatan yang dilakukan, Komunitas Sepeda Ontel Pinrang (Kopi) melakukan penghijauan dengan menanam pohon sambil bersepeda menggunakan sepeda ontel dengan busana zaman perang.

“ Kita menggelar Ontel Go Green dengan bersepeda sambil menanam bibit pohon disejumlah titik. Hal ini dilakukan untuk melestarikan Sepeda ontel di Kabupaten Pinrang. Di Kabupaten Pinrang, Sejumlah Sepeda ontel masih ada berasal dari jama Jepan bahkan jaman Belanda, “ Kata Ketua Komunitas Sepeda Ontel Pinrang (Kopi), Andi Muhammad Iqbal, Sabtu (06/04/2019).

Kegiatan Go Green Sepeda Ontel Kabupaten PInrang, Sulawesi Selatan, mendapat Support Bupati Pirnrang, terlpilih Andi Irwan Hamid. Ia pun ikut dalam acara berpesepada keliling Kota Pinrang sambil menana pohon di sejumlah titik yang mereka lewati.

“ Nanti jika saya menjabat jadi Bupati Pinrang, saya akan jadikan kegiatan Ontel Go Green menjadi agenda tahunan. Kegiatan itu sangat bermanfaat, bagi kesehatan para anggota komunitas dan bisa memberikan penghijauan di Kabupaten Pinrang, “ Aku Andi Irwan Hamid.

Sementara itu ketua penggerak PKK Andi Dewiyani Aslam, yang juga ikut bersepeda dan menanam pohon mengaku merasa kembali mengingat masa lalunya dengan menggayu sepeda ontel.

“ Dulu ontel Nenek Kita, Bapak Kita di tanah Bugis Makassar disebut dengan Sepeda Singking. Mengendarai itu dan melihat para peserta berpakaian jama dahulu atau ala tentara jeman dulu, itu mengingatkan tentang masa lalu. “ Kenang Andi Dewiyani Aslam.

Andi Dewiyani menungkap dirinya waktu kecil, kerap dibonceng oleh sang kakek dengan sepeda ontel dikala sore hari.

Kampanyekan go green komunitas sepeda tua juga mendatangkan atlit paramotor dari makassar yang mengudara sambil membawa spanduk go green. (Oc)

News Feed