oleh

Mahasiswa KKN UMI Angkatan 64 Manfaatkan Toga dan Ecobrik Menuju Pincara Desa Sehat

Insannews.co.id Pinrang – Mahasiswa KKN UMI Angkatan 64 gelar Seminar Proker Desa dengan tema “ DESA SEHAT” (25/01/20) di desa Pincara Kecamatan Patampanua.

kegiatan ini dilaksanakan sebagai titik awal Kegiatan KKN TEMATIK yang di lakukan mahasiswa UMI untuk menyampaikan beberapa ide dan gagasan beserta disiplin ilmu yang diterapkan.

Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Desa Pincara, Badan Permusyawaran Desa, Lembaga Kemasyarakat Desa, Kepala Dusun beserta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang hadir.

Beberapa item kerja yang dipaparkan sangat memberikan antusias kepada masyarakat yang hadir.

Salah satunya kegiatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang difokuskan dengan Rumah Sehat, Pemanfaatan sampah plastik yang didaur ulang sehingga dapat digunakan kembali dengan istilah ecobrik, serta Kegiatan Lorong Sehat (LONGSET) yang difokuskan dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang bermanfaat sehingga program yang diberikan dapat berjalan secara bertahap dan menjadikan Desa Pincara sebagai DESA SEHAT di Kecamatan Patampanua.

Selain melibatkan masyarakat Desa Pincara, Mahasiwa KKN UMI Angkatan 64 juga memberikan Penyuluhan Kesehatan di di SDN 113 Patampanua mengenai Gosok Gigi dan cuci tangan yang baik pada Pada tanggal 29 Januari 2020. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi informasi penting bagi anak-anak di Desa Pincara mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Tak hanya itu, Mahasiswa juga mengajarkan beberapa Kegiatan Edukasi seperti, kebersihan kelas dan toilet dan kebersihan berpakaian.

Mahasiswa KKN UMI Angkatan 64 yang ditugaskan di Desa Pincara telah melakukan kegiatan Pembibitan kembali selama 2 minggu,. Kegiatan ini dilakukan Mahasiswa dan didampingi oleh bapak kepala Desa untuk melakukan kegiatan tersebut.

Lokasi pembibitan di lakukan langsung dirumah Bapak Kepala Desa dengan target hasil tanaman dapat dibagikan oleh masyarakat sekitar. Tanaman tersebut nantinya sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang mempunyai beberapa manfaat dalam menangani Masalah Kesehatan. Pengabdian Masyarakat Mahasiswa KKN UMI Angkatan 64 Desa Pincara yang rutin dilaksanakan ialah Bakti sosial.

Kegiatan ini hampir tiap hari dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut. Dengan mengikuti jadwal kerja yang telah di rancang oleh Koordinator Desa Zatrian Perdana Mahasiswa FTI UMI Jurusan Teknik Industri. Kegiatan rutin bakti sosial terdiri dari, melakukan kerja bakti di masjid dan mushollah Desa Pincara, Gotong Royong bersama masyarakat, dan kebersihan Rumah.

Kepala Desa Pincara Roni Hakim yang diwawancarai mengatakan “Harapan kami selaku Pemerintah Desa agar adik-adik Mahasiswa KKN UMI yang berposko di daerah kami dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat untuk menyelesaikan Program Kerja yang ditawarkan melalui Seminar Proker, Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan ini dapat menjadi sesuatu yang bersifat positif dan Foundamen untuk menuju Desa Pincara menjadi DESA SEHAT” Jelasnya.(SL)

News Feed