oleh

Pemdes Pincara Bersama Pramuka Saka Bakti Husada Gelar Pemantau Jentik Nyamuk Demam Berdarah

Insannews.co.id Pinrang – Kegiatan Pemantauan Jentik Nyamuk Deman Berdarah adalah salah satu kegiatan yang digelar di Desa Pincara, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang (Kamis, 09/02/2020).

Sebanyak 30 Anggota Pramuka dari Satuan Karya (SAKA) Bakti Husada Pinrang dan Pare-pare diturunkan ke Desa Pincara untuk Kegiatan Pemantauan Jentik Nyamuk Deman Berdarah.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pembagian bibit Lavender di setiap rumah yang dikunjungi dan didata oleh Anggota Pramuka.

Ratusan rumah dari dua dusun yang ada di Desa Pincara sudah di pantau oleh Anggota Pramuka yang di damping oleh Kader Posyandu Anggrek Dusun Pincara dan Kader Posyandu Melati Dusun Sali-Sali serta Mahasiswa KKN UMI Makassar.

Selain Pemerintah Desa Pincara, Petugas dari Kemenkes Pinrang (Pembina Saka Bakti Husada Pinrang), PKM Leppangang, Babinsa, BPD Pincara dan Kadus turut serta ambil bagian dari kegiatan tersebut. Hasil dari pantauan dari dua Dusun menunjukan bahwa Desa Pincara Masih dalam ambang batas kewajaran yakni sekitar ABJ 62,69 %

Saat diwawancarai Muhammad Rusdi, perwakilan Kemenkes Pinrang yang juga sebagai Sekretaris Pim Saka Bakti Husada Pinrang mengatakan “Musim Penghujan seperti ini biasanya berujung pada curah hujan yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan banjir yang secara tidak langsung meningkatkan resiko penyebaran penyakit, termasuk diantaranya jentik nyamuk Demam Berdarah”

Senada hal itu Muh. Sabir, SKM.,MSc Anggota Pim Krida P2 SBH Pinrang saat dilokasi mengatakan “Pemantauan ini harus digalakkan secara periodik minimal seminggu sekali, setiap Rumah Tangga yang mendapatkan jentik diareal rumahnya agar segera dilaporkan kepada Kader Jemantik atau Kader Posyandu untuk ditindaklanjuti”

Sementara itu Kepala Desa Pincara “Kegiatan ini sangat kami Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemenkes dan adik-adik dari Gerakan Pramuka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada Pinrang dan semua pihak atas kegiatan Pencegahan terjadinya DBD di wilayah kami, termasuk bantuan bibit lavender yang disebar ke masyarakat Desa Pincara” tutur Roni Hakim.(sh/RH)

News Feed