oleh

Pemuda di Pinrang Sulap Limbah Organik Jadi Media Pakan dan Pupuk Organik Budidaya Maggot

Insannews.id Pinrang – Kelompok Pemuda Peduli Kabupaten Pinrang ini menyulap limbah organik yang biasa dijadikan sampah rumah tangga menjadi media pakan dan Pupuk Organik Budidaya maggot Black Soldier Fly (BSF) Gerakan Peduli Lingkungan.

Maggot BSF sendiri diketahui merupakan larva dari jenis lalat besar berwarna hitam yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik.

Atau dengan kata lain, maggot BSF adalah bentuk dari siklus pertama (larva) Black Soldier Fly yang nantinya bermetamorfosa menjadi lalat dewasa.

Ketua Komunitas Maggot Bsf Pinrang Gerakan Peduli Lingkungan, Ali topan mengatakan, usaha tersebut ditekuni para Pemuda Pinrang setempat karena banyaknya limbah organik seperti sayuran, buah-buahan, hingga limbah perikanan yang mencemari lingkungan.

“Limbah ini padahal bisa dimanfaatkan dan bisa menghasilkan rupiah,” ujarnya.

Sebelum dijadikan media pakan maggot BSF, limbah organik ini di ancurkan oleh Larva Maggot Bsf.

Setelah usia nol sampai 20 hari, ulat yang memiliki nama latin Hermetia illucens ini bisa langsung bisa dipanen, paparnya.

Senada dengan itu Amran alidollah, Menyampaikan, banyak permintaan berdatangan dari sejumlah perusahaan pakan ternak dll.

Maggot BSF ini mengandung zat antibiotik alami dan tidak membawa agen penyakit sehingga sangat baik untuk kesehatan hewan ternak.

Kendati demikian, dirinya masih kewalahan memenuhi permintaan tersebut mengingat stok terbatas akibat kurangnya fasilitas dan lahan yang sempit.

“Berpengaruh sekali ke produksi yang dihasilkan jadi tidak bisa memenuhi target permintaan pasar yang cukup tinggi,” ujarnya. kami juga dari teman-teman akan berusaha bagaimana kami bisa bikin tempat penakaran budiaya Bsf (Rumah Kompos) di Pinrang” tutupnya.(sh/*)

News Feed