oleh

Piala Asia U-19: Indonesia Taklukkan Taiwan 3-1

Timnas Indonesia mengawali langkah di Piala Asia U-19 2018 dengan kemenangan. Garuda Muda menang 3-1 atas Taiwan, Witan Sulaiman menyumbang sepasang gol.

Timnas Indonesia U-19. (INT)

Timnas Indonesia U-19. (INT)

Gol Pertama Dicetak Egy, Witan Dua Gol

INSAN NEWS, JAKARTA – Babak pertama laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10/2018), tak ada gol tercipta. Indonesia gagal menembus pertahanan ketat Taiwan. Bahkan di menit ke-46, dua tendangan Egy Maulana Vikri masih belum membuahkan hasil.

Usaha pertamanya masih bisa ditepis oleh kiper Taiwan, Li Guan Pei. Bola rebound yang dilancarkan Egy pun masih melesat. Tendangan Egy dua menit berselang juga diantisipasi Guan Pei. Bola di muka gawang disambar Muhammad Rafli tapi masih belum berbuah gol.

Baru di menit ke-50 Indonesia memecah kebuntuan. Blunder dari Karl Hu Josefsson saat menyapu umpan tarik Witan berakibat fatal bagi Taiwan. Egy bisa menerima bola di muka gawang, lalu dengan tenang meciptakan gol pertama bagi Indonesia.

Namun, keunggulan itu cuma bertahan tiga menit. Buruknya koordinasi pertahanan tim Garuda Muda berbuah gol balasan dari Taiwan. Umpan silang Huang Jyun Wun gagal disapu oleh Nurhidayat. Wang Chung Yu dengan mudah membobol gawang Indonesia yang dikawal oleh Muhamad Riyandi.

Di menit ke-57, Firza Andika mencoba peruntungan tendangan jarak jauh, namun usaha itu sia-sia  lantaran bolanya terarah jauh dari sasaran. Usaha Witan tujuh menit berselang pun masih gagal membuahkan gol. Sepakannya dari jarak dekat masih bisa diblok barisan belakang Taiwan.

Guan Pei melakukan penyelamatan lagi. Witan bisa melewati beberapa pemain Taiwan di menit ke-69, tendangan terakhirnya bisa diantisipasi kiper nomor punggung 1 itu.

Witan akhirnya bisa menebus beberapa kesalahan peluang emasnya sebelumnya dengan kepalanya di menit ke-71. Dia menyundul bola rebound masuk ke gawang dari tendangan bebas Syahrian Abimanyu yang salah diantisipasi oleh Guan Pei.

Peluang emas kembali tercipta di menit ke-76 namun Egy gagal menembak saat berhadapan dengan Guan Pei. Bola liar dikirim Todd Rivaldo Ferre, yang baru masuk menggantikan Rafli Mursalim di menit ke-73, ke atas gawang. Tendangan jarak jauh Saddil semenit berselang bisa ditangkap Guan Pei.

Indonesia kemudian mengunci kemenangan di menit ke-89. Witan membukukan gol kedua. Menerima bola sodoran Egy, Witan mencetak gol dari jarak dekat. Di sisa pertandingan, tak ada lagi gol tambahan, Indonesia mengumpulkan 3 poin, sama dengan Uni Emirat Arab. Sementara Taiwan menyamai Qatar yang belum mengumpulkan poin. Demikian dikutip dari detik.com(***)

News Feed