oleh

Pilot Turki Albar Tasrief : Semoga Memotivasi Teman Teman Bersaing di Luar Negeri

Insannews.co.id – Dunia penerbangan komersial seolah tidak pernah kehabisan daya tarik untuk dibicarakan.

Di Indonesia, ada banyak maskapai penerbangan komersial mulai dari maskapai milik pemerintah hingga maskapai miliki swasta yang melayani kebutuhan masyarakat akan transportasi udara setiap harinya.

Tak hanya pelayanan dan fasilitas penerbangan tiap maskapai yang menarik untuk dikulik, para awak kabin yaitu pilot, pramugara, dan pramugari juga memiliki pesona yang tak kalah menariknya, lho!

Pilot merupakan salah satu profesi yang terbilang cukup prestise. Orang-orang yang berprofesi sebagai pilot biasanya adalah orang-orang ‘pilihan’ yang memang menempuh jalur pendidikan khusus atau sekolah khusus penerbangan.

Tak hanya karena penghasilannya yang terbilang cukup besar dan bernilai fantastis, orang-orang yang berprofesi sebagai pilot ini seolah-olah memiliki daya tarik dan pesona tersendiri. Biasanya, ketika mendengar kata ‘pilot’ yang ada di benak sebagian orang adalah sosok yang tinggi, tampan, gagah, dan berwibawa. Ya, memang profesi sebagai pilot masih identik dengan pria, padahal saat ini sudah banyak wanita yang berprofesi sebagai pilot, lho!

Namun ada salah satu pilot asal kabupaten Pinrang yang bekerja di luar Negeri yakni bekerja di Turkish Airlines yang belum banyak diketahui dan dipublish oleh media.

Beliau adalah Muhammad Albar Tasrief, Pilot Asal Pinrang sulawesi selatan yang berdarah bugis asli.

“Semoga profesi saya bisa menginspirasi dan memotivasi teman teman untuk bersaing diluar negeri dan juga terkhusus di Bumi lasinrang, tanah kelahiran saya Kabupaten Pinrang Sulawesi selatan,” kata albar melalui medsos akun miliknya.

Lanjut Albar “alhamdulillah Bahasa ogiku deto na lannya lancar mopa karena darahku memang asli bugis (Alhamdullillah Bahasa bugis saya tidak hilang, masih tetap lancar karena memang asli bugis)” tutur Albar.

Muhammad Albar Tasrief lahir di Pinrang, Sulawesi Selatan, pada tanggal 29 Mei 1993. Jenjang pendidikan dimulai dari SDN 3 Pinrang, SMPN 1 Pinrang, dan SMAN 1 Pinrang. Kemudian lulus SMA pada tahun 2011 dan awalnya melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas di Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Hasanuddin (UNHAS) di Makassar.

Namun, setelah setahun belajar di UNHAS, akhirnya memutuskan untuk berpindah ke jurusan dan universitas lain, yakni jurusan Aeronautical Science (Flight Training), University of Turkish Aeronautical Association di Ankara, Turki.

Pada Juli 2017, berhasil menyelesaikan pendidikan dan training terbang di Turki, lalu akhirnya kembali ke tanah air.

Pada Oktober 2017, memulai pekerjaan sebagai Tour Reservation Staff di salah satu perusahaan travel Haji dan Umroh swasta di Jakarta. Kemudian pada Desember 2017, mendapatkan job offering dari salah satu perusahaan logistik internasional (DHL Express) sebagai Customer Service Advisor dan aktif bekerja dari Januari sampai Oktober 2018. Akhirnya, memutuskan resign pada Oktober 2018 karena mendapatkan offering letter dari Turkish Airlines sebagai First Officer (Co-Pilot).

Setelah melalui serangkaian pelatihan terbang lanjutan, akhirnya pada April 2019 mulai bekerja secara resmi di maskapai tersebut sampai saat ini. (Sh)

News Feed