oleh

Sinergitas Polres Pinrang dan Kodim 1404 Pinrang Jaga Keamanan Wilayah Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019/2024

InsanNews.co.id, PINRANG — Jelang pelantikan Presiden dan wakil Presiden Indonesia, Kapolres Pinrang AKBP Bambang Suharyono S.IK, MH melakukan kunjungan silaturahmi di kampus STIH Cokroaminoto Pinrang, Jumat (18/10/2019).

Kunjungan yang dilakukan oleh Kapolres Pinrang tersebut dengan maksud untuk meminta dukungan dari pihak kampus untuk mendukung dan membantu pihak kepolisian agar terciptanya situasi Kabupaten Pinrang saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019/2024 berlangsung aman dan kondusif.

Selain itu Kapolres juga menyampaikan ke pihak kampus agar mengimbau mahasiswa tidak turun aksi pada waktu jelang pelantikan presiden dan wakil presiden.

InsanNews
(Kapolres Pinrang bersama jajarannya saat kunjungi kampus Cokroaminoto Pinrang, Jumat (18/10/2019))

“Namun apabila Mahasiswa tetap melakukan aksi unjuk rasa maka kami berpesan agar laksanakanlah sesuai dengan prosedur, jangan melakukan anarkis,” ucapnya.

Sementara salah satu dosen STIH Cokroaminoto Pinrang mengatakan bahwa pihaknya akan membantu pihak Polres untuk memberikan himbauan kepada para mahasiswa.

“Kami akan tetap mengimbau dan memberikan arahan kepada para mahasiswa, untuk kebaikan bersama, dan tentunya juga kami akan tetap memberikan arahan apabila mereka tetap akan menggelar aksi unjuk rasa , agar terciptanya suasana yang kondusif,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri Kapolsek Watang Sawitto Kompol Hajeri, Kasat Lantas AKP Religia Faradikta, S.IK, Kasat Intel AKP Muksin, dan Kasat Binmas Polres Pinrang AKP Adinal Alam

Sebelumnya juga, Polres Pinrang bersama Kodim 1404 Pinrang gelar apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2019 di halaman Makodim 1404 Pinrang, Jl H. A. Makkulau, Kelurahan Laleng Bata, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang. Jumat (18/10/2019).

InsanNews
(Jajaran Polres Pinrang bersama jajaran Kodim 1404 Pinrang saat gelar apel bersama di Kodim 1404 Pinrang, Jumat (18/10/2019))

Dandim 1404 Pinrang Letkol Arm Lukman Sasono membacakan amanat Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H. mengatakan kegiatan politik akhir-akhir ini memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya penyebaran isu-isu yang pememecah belah persatuan bangsa, penyebaran hoax dan hate speech, yang berpotensi memicu timbulnya konflik di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat kita yang bhineka.

“Untuk itu diperlukan kerjasama/kolaborasi yang lebih intens diantara kita semua, dalam hal ini seluruh aparat keamanan dan stakeholders terkait serta seluruh unsur masyarakat, untuk mengawal dan mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 masa jabatan 2019 – 2024.” Ujar Dandim 1404 Pinrang Lukman Sasono

Dirinya menambahkan, bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan ini adalah merupakan bentuk kesiapan pengamanan di wilayah Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Pinrang.

Adapun peserta upacara yaitu 1 sst perwira gabungan TNI/Polri, 1 sst Yonif 721 Makkasau, 1 sst Kodim 1404 Pinrang, 3 sst Polres Pinrang, 1 sst Satpol PP, dan 1 sst dinas Perhubungan kabupaten Pinrang.

News Feed