oleh

Tumpukan Sampah, Jadi Penyebab Ruas Jalan Digenangi Air di Wilayah Perkotaan Pinrang

InsanNews.id, PINRANG — Intensitas curah hujan yang tinggi membuat hampir di seluruh wilayah kabupaten Pinrang di kepung banjir, tak terkecuali di pusat kota Pinrang.

Dari pantuan, Hampir disemua ruas jalan kota Pinrang tergenang air, Mulai dari jalan Dr. Wahidin, Andi Abdullah, Jalan Langnga, jalan Gabus, Diponegoro, Emmy Saelan dan sekitar pasar Sentral Pinrang tergenang air.

Berdasarkan informasi warga dan pantauan langsung di beberapa ruas jalan kota di Pinrang. Air tergenang karena drainase dan gorong-gorong di penuhi tumpukan sampah.

“Kita lihat sendiri pak, air got meluap naik karena banyaknya sampah,” terang Hasbullah warga jalan Abdullah kepada InsanNews, Selasa (11/8/2020)

Hal yang sama juga di ungkapkan Aras warga Jalan Di Ponegoro, menurutnya banjir ini terjadi karena banyaknya sampah di gorong-gorong.

“Tumpukan sampah ini jadi penyebabnya,” keluhnya

Dari hal tersebut Ilham salah seorang warga jalan Gabus, Kelurahan Penrang menegaskan agar warga harus bergotong royong untuk membersihkan tumpukan sampah yang mengendap di selokan, guna mengantisipasi besarnya luapan air ke pemukiman warga.

“Kita harus bahu-membahu bersamauntuk membersihkan gorong-gorong ini dari tumpukan sampah,” ajak Ilham

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pinrang A. Irwan Hamid yang dihubungi via selulernya menginstruksikan jajarannya agar sigap menangani hal tersebut guna meminimalisir banjir di wilayah perkotaan.

“Pemerintah Daerah sudah menyiapkan dinas terkait seperti BPBD untuk waspada terhadap tingginya curah hujan ini, Dinas lingkungan hidup untuk terus mengawasi dan melakukan pembersihan terhadap sampah-sampah yang ada di semua drainase sehingga bencana banjir ini bisa tertangani,” ujar Bupati Pinrang Irwan Hamid

Penulis : Gunawan Dwi Putra

News Feed