oleh

Warga Batulappa Kecewa Wilayahnya Tidak Dapat Jatah JPS

Insannews.id PINRANG – Warga Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang keluhkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang dibagikan Pemerintah Kabupaten Pinrang, dimana khusus Kecamatan Batulappa yang tidak mendapatkan jatah JPS tetsebut.

“Kami dengar ada pembagian bantuan, kenapa wilayah disini tidak dapat, bahkan saya pribadi tidak pernah dapat bantuan sama sekali selama ada ini penyakit corona,” kesal Hali salah seorang warga kecamatan Batulappa, Jumat (23/6/2020)

Menurutnya, bantuan tersebut diperuntukkan untuk warga yang miskin dan rentan miskin yang terdampak gejolak sosial dan ekonomi akibat wabah Covid-19 yang belum memdapatkan bantuan sosial apapun dari pemerintah pusat.

“Kita ini bisa dibilang terdampak pak…!, akses terbatas untuk menjalankan roda ekonomi, saya ini hanya penjual sayuran hasil kebun. Saat mau menjual kadang pasar tidak ramai bahkan tutup, apalagi kita tinggal jauh dari kota,” keluhnya

Terpisah, salah seorang lingkungan yang enggan disebutkan namanya menuturkan, bahwa dirinya sudah memiliki beberapa kartu keluarga yang diambil dari warga yang layak untuk mendapatkan bantuan, namun hal tersebut tidak terealisasi.

“Saya sudah menerima KK warga saya, karena adanya kabar bantuan itu. Saya pilih yang betul betul layak, tapi ternyata wilayah kami tidak dapat pak…!!,” Ungkap salah seorang lingkungan di Kecamatan Batulappa yang enggan menyebutkan namanya tersebut.

Camat Batulappa, Ruslan saat ditemui beberapa hari lalu menjelaskan bahwa memang wilayahnya, Kecamatan Batulappa tidak mendapatkan jatah pembagian Jaring Pengaman Sosial oleh Pemerintah daerah.

“Tidak ada yang mengajukan, jadi Kecamatan Batulappa tidak dapat JPS,” Pungkasnya

Diketahui, Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang disalurkan pemerintah Kabupaten Pinrang tersebut hanya terbagi di 10 Kecamatan saja, dua kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Batulappa dan Cempa tidak mendapatkan bantuan Jaring Pengaman Sosial.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pinrang, Andi Patajangi meminta warga yang tidak memperoleh bantuan untuk mengadu ke dinas melalui jalur pengaduan untuk diverifikasi.

”Untuk Pinrang, kami meyiapkan sebanyak 5433 paket sembako pada JPS di 10 Kecematan. Bagi warga yang tidak terdata kali ini dihimbau melapor melalui jalur pengaduan di Dinas Sosial Kabupaten Pinrang,” kata Andi Patajangi.(*)

News Feed