oleh

Ini Nama Delapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional 2020

InsanNews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan delapan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional 2020 melalui Upacara Pengukuhan Paskibraka, di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020 kemarin.

Dalam pengukuhan, para calon anggota Paskibraka 2020 membacakan ikrar pemuda Indonesia sekaligus prosesi penghormatan terhadap Merah Putih.

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan pengantar pengukuhan calon anggota Paskibraka

Pengukuhan Paskibraka kali ini berbeda ketimbang dari sebelu-sebelumnya. Dimana mereka terdiri dari Pasukan 8 (pembawa baki bendera dan pengibar bendera), Pasukan 17, dan Pasukan 45, yang personelnya adalah pasangan siswa-siswa SLTA terbaik di tiap provinsi.

Dalam keadaan normal, proses pelatihan dan pembentukan mereka memakan waktu sekitar satu bulan yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pramuka di Cibubur, Jakarta Timur.

Dilansir Antara, di seluruh dunia, hanya Indonesia yang pengibaran bendera negaranya dilakukan para pelajar terbaik nasional tiap upacara peringatan kemerdekaan negaranya.

Namun pada 2020 ini, Paskibraka Nasional terdiri dari delapan personel yang berasal dari Paskibraka yang pernah bertugas pada 2019 lalu.

Adapun delapan anggota Paskibraka yang dikukuhkan dan akan bertugas di Istana Kepresidenan pada HUT ke-75 RI, Senin 17 Agustus 2020 adalah:

1.Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen, Aceh)

2.I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita (SMAN 1 Mendoyo, Bali)

3.Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu)

4.Muhammad Arief Wijaya (SMAN 2 Kendari, Sulawesi Tenggara)

5.Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalimantan Selatan)

6.Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumatera Utara)

7.Dhea Lukita Andriana (SMAN 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur)

8.Muhammad Adzan (MAN 2 Bima, NTB)

News Feed