Sekda Parepare Buka musrenbang perempuan tingkat kota

Insannews.id Parepare -Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare Muhammad Husni Syam membuka musrenbang perempuan tingkat kota. Musrenbang itu digelar di Balai Ainun Habibie Parepare, Kamis 14 Maret 2024.

Musrenbang itu diikuti 75 perwakilan organisasi perempuan se-Kota Parepare. Hadir pula sejumlah aktivis dan tokoh perempuan Parepare.

Dalam sambutannya, Sekda Parepare Muhammad Husni Syam mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Perempuan. Menurutnya, musrenbang itu membuktikan komitmen yang tinggi dari Pemkot Parepare untuk memberikan ruang bagi perempuan berperan aktif dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat mendorong partisipasi perempuan dalam pembangunan daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Husni menjelaskan musrenbang tersebut menjadi wadah penyaluran aspirasi bagi perempuan.

“Hasil dari musrenbang perempuan ini akan menjadi bahan masukan pemerintah daerah di dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen melaporkan kegiatan musrenbang perempuan telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Dia menjelaskan musrenbang tersebut untuk menyerap aspirasi perempuan.

“Musrenbang ini bukti pelibatan perempuan dalam merumuskan kebijakan pembangunan daerah. Termasuk program dan kegiatan untuk perlindungan dan pemenuhan hak-hak perempuan,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan salah satu bukti konkret kepedulian Pemkot terhadap perempuan yakni dengan menetapkan pagu indikatif wilayah tahun 2025.

“Pj Wali Kota Parepare sudah menetapkan pagu indikatif wilayah sebesar Rp3,17 miliar. Dari angka itu, sebanyak 15% wajib dialokasikan untuk mendukung pemberdayaan kelompok anak, kelompok perempuan dan penyandang disabilitas,” pungkasnya. (*)